Tips Paling Ampuh Membersihkan Furnitur Kayu Antik

Jasa Poles Marmar Jakarta – Jika lemari porselen pusaka keluarga Anda atau meja kopi antik di ruang tamu Anda telah menumpuk debu dan kotoran, Anda mungkin berasumsi bahwa inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan pemulih furnitur antik. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda langkah-langkah sederhana tentang cara membersihkan furnitur kayu antik Anda sendiri.

Tips Paling Ampuh Membersihkan Furnitur Kayu Antik

Anda berhak berhati-hati dengan barang antik berharga Anda dan tidak ingin merusak lapisan patina yang memberikan tampilan kuno pada potongan tersebut. Namun, tidak perlu memanggil ahli kecuali barang Anda dalam kondisi sangat buruk atau langka dan berharga.

Apakah barang Anda berupa meja atau kursi, jika dilapisi dengan pernis, lak, atau hasil akhir lainnya sama sekali, dan tidak peduli jika Anda berurusan dengan debu atau jamur, Anda pasti menemukan cara untuk membersihkan furnitur kayu antik yang sesuai dengan situasi Anda.

Membersihkan furnitur antik tidak perlu merepotkan. Dengan metode pembersihan sederhana dan sedikit minyak siku, buat furnitur antik Anda terlihat “seperti baru” lagi dan rasakan kepuasan menyilangkan item yang mengganggu dari daftar tugas Anda.

Cara Sederhana Membersihkan Furnitur Kayu Antik
Ada berbagai tingkat komitmen untuk membersihkan furnitur kayu tua, dari menyeka kotoran hingga mengaplikasikan semir atau lilin furnitur. Kami akan memandu Anda melalui semuanya sehingga Anda akan yakin mengetahui cara membersihkan furnitur kayu antik dan dilengkapi untuk mengembalikan barang Anda ke kondisi yang baik.

Jika furnitur Anda memiliki aksen kuningan, gunakan solusi untuk membersihkan kuningan agar kembali bersinar.

Sabun Pencuci Piring: Cara Terbaik untuk Membersihkan Furnitur Kayu Antik
Item furnitur antik telah bertahun-tahun menumpuk noda sidik jari berminyak. Untungnya, mudah untuk menghapusnya menggunakan produk rumah tangga standar.

Menggunakan sabun dan air juga ideal untuk membersihkan furnitur kayu jati yang kotor dan bernoda.

Pembersih Kayu Sabun Piring untuk Mebel Antik
1 sdt sabun cuci piring
1 liter air

Gosok perlahan permukaan kayu item Anda dengan sedikit larutan pembersih pada kain lembut. Lanjutkan menyeka, pastikan mengikuti serat kayu, hingga kain tidak lagi mengumpulkan kotoran.

Untuk kotoran yang lebih tahan, pertimbangkan untuk menggunakan sabun minyak yang diencerkan, seperti Murphy’s Oil, meskipun para ahli memperingatkan agar tidak menggunakan minyak pada furnitur yang sangat tua. Gosok noda membandel dengan lembut menggunakan sabut baja # 0000, tersedia di toko perkakas terdekat.

Gunakan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam campuran pembersih untuk menjangkau area yang sulit dijangkau. Akhiri dengan menyeka item furnitur dengan kain bersih.

Cara Membersihkan Mebel Kayu Antik dengan Semprotan Pembersih
Semprotan sederhana untuk membersihkan furnitur kayu tua ini adalah pembersih furnitur kayu DIY yang sederhana namun efektif yang membuat barang antik berkilau tanpa bergantung pada bahan kimia keras.

Semprotan Furnitur Alami
1 cangkir minyak zaitun extra-virgin
1 cangkir cuka putih suling
1 sdt sabun kastil
15 tetes minyak esensial jeruk dan herba

Untuk membersihkan kayu dengan cuka dan minyak, kocok bahan-bahan tersebut dalam botol semprot kemudian semprotkan campuran tersebut ke furnitur lama Anda, seka dengan kain mikrofiber. Pembersih furnitur natural superstar ini juga berfungsi pada furnitur kulit dan teras.

Perbaiki Selesai Mebel Antik Anda
Jika finishing lama pada antik Anda mulai luntur, Anda mungkin tergoda untuk mengupasnya dan menggantinya dengan pelapis baru. Namun, seringkali yang terbaik adalah membiarkan pelapis kayunya sendiri karena, selain menurunkan nilai pasar barang antik Anda, pemolesan ulang mungkin membutuhkan lebih banyak pekerjaan daripada yang diperlukan.

Jika Anda memutuskan untuk mengeksplorasi pelapisan ulang, cobalah untuk tetap menggunakan jenis pelapis asli, bukan jenis yang lebih baru, seperti poliuretan. Untuk sedikit ketidaksempurnaan, kendurkan lapisan asli dengan menggunakan kain atau kuas cat untuk mengoleskan sedikit alkohol yang diubah sifatnya, jika barang antik Anda dilapisi dengan lak, atau pengencer pernis untuk lapisan pernis.

Pindahkan hasil akhir untuk menutupi penyok kecil. Pilihan lainnya adalah menggunakan sabut baja # 0000 yang dilumasi dengan minyak biji rami untuk membersihkan lapisan furnitur yang rusak dengan hati-hati.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *