Langkah Paling Tepat Membersihkan Atap Metal

GreenClean – Logam adalah jenis atap yang menarik bagi banyak pemilik rumah yang ingin menambah umur panjang dan daya tarik rumah mereka. Dibandingkan dengan aspal, logam tahan terhadap unsur-unsur keras seperti matahari, hujan, dan salju, jauh lebih baik dan lebih lama. Jadi, dalam hal perawatan yang tepat, memahami cara membersihkan atap logam sangat membantu dalam menjaga atap Anda terlihat indah sepanjang tahun.

Langkah Paling Tepat Membersihkan Atap Metal

Mengetahui dari mana harus memulai dengan atap Anda bisa sedikit membingungkan pada awalnya. Ada banyak bahan dan pembersih yang tersedia, belum lagi berbagai cara untuk membersihkan atap logam.

Saat memulai, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengumpulkan persediaan yang sudah Anda miliki untuk pembersihan dasar dan pergi dari sana. Jika komplikasi lain muncul, seperti masalah jamur atau lumut, persediaan dan prosedur pembersihan atap logam tambahan mungkin diperlukan. Untungnya, kami memiliki beberapa metode berbeda dan resep pembersihan DIY untuk Anda di sini.

Cara Membersihkan Atap Metal
Sampai Anda bangun di atas atap, Anda tidak memiliki petunjuk apa yang Anda hadapi dalam hal pemeliharaan. Namun, tip luar biasa ini memberi Anda ketenangan pikiran untuk mengatasi bahkan beberapa masalah yang paling menantang.

Persiapkan Sebelumnya
Langkah pertama dalam proses ini adalah membersihkan sampah besar sebanyak mungkin dengan tangan.

Meskipun masalah seperti kotoran di udara, serbuk sari, dan partikel kecil lainnya lebih mungkin muncul di atap Anda, Anda mungkin juga menemukan ranting dan dahan yang patah, terutama jika Anda memiliki pohon tinggi yang menggantung di atas kepala. Langkah selanjutnya adalah memastikan Anda memiliki peralatan dan persediaan yang diperlukan di dekat Anda.

Sementara mesin cuci listrik menangani sebagian besar kotoran di atap, pekerjaan itu mungkin membutuhkan sedikit minyak siku. Memiliki beberapa jenis opsi scrubbing untuk membantu menghilangkan partikel yang menempel dan kotoran yang sulit dihilangkan membuat Anda terhindar dari rasa frustrasi yang tidak diinginkan.

Demikian pula, mengenakan pakaian pelindung saat power washing mencegah partikel yang beterbangan membahayakan Anda atau masuk ke mata Anda, serta mencegah Anda tergelincir dari tangga saat membersihkan.

Tekanan Cuci Atap Metal
Mesin cuci bertekanan adalah metode paling umum untuk menghilangkan bahan yang tidak diinginkan dari atap. Dalam beberapa kasus, hanya diperlukan bilas ringan untuk membersihkan kotoran dan kotoran yang tertinggal di permukaan.

Sebelum menambahkan deterjen ringan atau pemutih, Anda harus membersihkan atap dengan sedikit semprotan air biasa. Mulailah dengan menempatkan mesin cuci bertekanan pada pengaturan rendah.

Semprotkan setiap sirap logam dari atas ke bawah, biarkan kotorannya meluncur ke bawah hingga jatuh ke samping rumah. Jika Anda tidak memiliki mesin cuci bertenaga, selang taman biasa juga dapat digunakan, meskipun Anda perlu menggosok area yang lebih menantang dengan tangan.

Membersihkan Atap Metal dengan Air Sabun
Setelah Anda selesai membilas atap, inilah saatnya menambahkan sabun cuci piring yang lembut. Formula ini sangat ideal untuk pembersihan atap yang diperlukan karena tidak membuat permukaan atap terkena bahan kimia keras untuk waktu yang lama.

Jenis deterjen apa pun dapat digunakan saat membersihkan atap, termasuk deterjen ringan, larutan pembersih pencuci mobil, dan sebagainya.

Ada beberapa cara menggunakan deterjen untuk membersihkan atap Anda. Pertama tambahkan langsung ke tangki pressure washer, lalu bilas setelah direndam.

Cara kedua adalah mengoleskan larutan deterjen dengan tangan menggunakan spons atau kain, kemudian didiamkan selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah itu, bilas sabun dengan air bersih dari selang. Kombinasi bahan ini juga membuat produk pembersih tembaga yang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari.

Pembersihan Atap Metal dengan Cuka
Cara terbaik lainnya untuk membersihkan logam adalah dengan menggunakan cuka dalam larutan pembersih listrik buatan sendiri . Disinfektan alami, cukup kuat untuk menghilangkan sebagian besar bakteri dan juga menghilangkan penumpukan jamur. Encerkan dengan air, rasio tipikal adalah jumlah yang sama untuk setiap bahan.

Saat membersihkan seluruh atap Anda, tetap gunakan pengaturan tekanan yang lebih rendah dengan pembersih logam buatan sendiri ini . Tekanan tinggi tidak perlu dan bisa lebih berbahaya daripada kebaikan.

Menggunakan air panas lebih disukai, daripada dingin atau hangat. Cuka juga merupakan pembersih kuningan cair DIY yang sangat baik untuk benda besar atau kecil.

Mengobati Lumut, Jamur, dan Jamur dengan Pemutih
Pemutih adalah salah satu cara termudah untuk membunuh masalah umum seperti lumut, lumut, dan jamur. Namun, jika jumlah jamurnya banyak, tenaga profesional dalam layanan pembersihan atap mungkin diperlukan. Umumnya, area mana pun yang memiliki cetakan kurang dari sepuluh kaki persegi cocok untuk ditangani sendiri.

Saat membuat pembunuh lumut buatan sendiri untuk atap , mulailah dengan mencampurkan pemutih dan air secara menyeluruh. Basahi atap dengan air bersih, lalu semprotkan pembersih ke permukaan logam, dimulai dari area paling gelap di atap.

Jaga agar aliran air mengalir ke bawah atap, bukan ke atas. Biarkan meresap ke dalam logam selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air panas.

Gunakan TSP untuk Atap yang Sangat Bersih
Terkadang atap Anda membutuhkan pembersihan yang lebih dalam daripada yang disediakan sabun dan air. Salah satu pembersih terbaik untuk membersihkan lapisan kotoran dan jamur yang membandel adalah tri-natrium fosfat, yang juga dikenal sebagai TSP.

Senyawa tugas berat ini diaplikasikan dengan tangan, menggunakan sikat berbulu lembut atau scrubber, bukan mesin cuci bertekanan.

Encerkan TSP dalam air dan gunakan sikat bulu untuk mengerjakannya di area yang perlu dibersihkan. Setelah benar-benar dibersihkan, biarkan formula meresap selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air bersih yang panas.

TSP juga dapat membantu sebagai penghilang cat semprot dari permukaan logam , entah itu mengenai atap Anda atau permukaan logam lainnya.

Saat menggunakan senyawa tugas berat ini, kenakan pakaian pelindung, kacamata, dan masker wajah agar tidak menelan atau mengiritasi kulit Anda.

Cara Membersihkan Atap Metal
Ada banyak produk pembersih yang tersedia untuk mengembalikan kilau logam jika karat menjadi masalah di atap Anda. Empat pembersih yang paling sering dilanggan adalah asam muriatic, asam klorida, asam oksalat, dan asam sitrat.

Keempat pembersih yang berbeda ini menggunakan jumlah dan proses yang sama untuk menghilangkan noda karat, meskipun selalu konsultasikan petunjuk produsen untuk verifikasi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *