Tips Ampuh Membersihkan Karpet Wol

Jasa Bersih Kantor – Tidak ada yang lebih baik dari menikmati keindahan permadani wol, baik yang kontemporer maupun rajutan tangan. Terasa nyaman di kaki, dan warna serta polanya yang semarak terlihat memukau di rumah – hingga menjadi kotor. Kami akan menunjukkan cara membersihkan permadani wol untuk menghilangkan kotoran sehari-hari, noda membandel, dan bau.

Tips Ampuh Membersihkan Karpet Wol

Karpet wol adalah investasi dan bentuk gaya untuk rumah Anda. Serat alami ini terbarukan, tahan lama, nyaman, dan indah. Tidak hanya itu, karpet wol mencegah pertumbuhan bakteri, dan secara alami mengusir tungau dan noda debu.

Faktor-faktor ini saja berarti bahwa perawatan dan pembersihan yang tepat sangat penting untuk melindungi karpet wol Anda. Seperti karpet lainnya, karpet wol mengalahkan aktivitas sehari-hari, dari noda hewan peliharaan dan lalu lintas pejalan kaki hingga tumpahan anggur merah.

Membersihkan wol tidak semudah membersihkan jenis bahan lainnya. Serat wol yang lembut dan alami mudah rusak jika Anda menggunakan pembersih yang keras untuk menghilangkan kotoran.

Membersihkan dan Merawat Karpet Wol
Membersihkan karpet secara rutin bukanlah salah satu kegiatan favorit kami. Namun, melakukan perawatan rutin pada permadani wol Anda diperlukan untuk menjaganya tetap segar dan bersih serta membantu investasi Anda bertahan seumur hidup.

Untungnya, beberapa metode pembersihan mudah dilakukan tanpa perlu menyewa jasa pembersihan profesional.

Pembersih Karpet Wol Dasar untuk Menghilangkan Kotoran Lepas
Sangat wajar jika permadani wol baru melepaskan serat selama beberapa bulan setelah pembelian. Menggunakan penyedot debu dua kali seminggu menghilangkan penumpahan ini. Penting juga untuk melakukan pembersihan permadani wol secara rutin untuk menghilangkan kotoran, debu, dan bulu hewan peliharaan yang lepas.

Jika Anda memiliki permadani kecil, bawalah ke luar pada hari yang cerah dan gantung di tali jemuran. Jika Anda tidak memiliki tali jemuran, coba gantung di pagar teras atau di sandaran kursi. Gunakan sapu atau benda lain untuk memukul kedua sisi permadani untuk menghilangkan kotoran dan debu.

Untuk permadani yang lebih luas, gunakan penyedot debu dengan bilah pemukul untuk membersihkan wol. Namun, jangan gunakan beater bar jika pinggiran karpet Anda ada di pinggir. Balikkan karpet secara terbalik, vakum sisi bawahnya terlebih dahulu, kemudian balikkan dan ulangi di sisi atas.

Membersihkan Karpet Wol dengan Deterjen
Saat menyedot debu permadani atau menggoyangkan permadani di luar ruangan akan menghilangkan kotoran yang terlepas, hal itu tidak membersihkan kotoran yang ada di dalam tanah.

Pertimbangkan untuk membuat pembersih karpet DIY yang lembut menggunakan air dingin dan sedikit sabun cuci piring untuk membersihkan karpet wol guna menghilangkan kotoran dan kotoran yang menempel.

Isi satu ember dengan air dingin dan tambahkan deterjen piring, dan isi ember kedua dengan air bersih. Mulailah dari satu sisi karpet dan kerjakan dalam bingkai berukuran sekitar tiga kali tiga kaki.

Celupkan spons atau kain ke dalam larutan sabun dan bersihkan bagian pertama dengan tekanan lembut. Bilas spons seperlunya untuk menghilangkan kotoran dan jangan terlalu membasahi serat saat membersihkan.

Celupkan spons ke dalam air bersih dan bilaslah air sabun dari bagian permadani. Melewati langkah ini menyebabkan serat menarik lebih banyak kotoran di masa mendatang.

Bersihkan area tersebut dengan handuk kering lalu lanjutkan ke bagian berikutnya. Ulangi proses tersebut hingga permadani bersih dan kering.

Cara Membersihkan Karpet Wol untuk Menghilangkan Noda Segar
Pembersihan karpet wol secara rutin penting untuk membersihkan seluruh permadani, tetapi ada kalanya hanya tempat kecil yang perlu dicuci. Jika Anda melihat noda saat masih basah, coba gunakan soda kue untuk menyerapnya.

Gunakan handuk kertas untuk menghilangkan noda pada karpet sebanyak mungkin. Taburkan baking powder secukupnya di atas noda dan diamkan selama minimal 30 menit.

Gunakan penyedot debu untuk menyedot bubuk yang menyerap noda. Jika beberapa noda masih tertinggal, gunakan spons basah untuk mengangkat noda dan keringkan dengan handuk.

Menggunakan Cuka untuk Menghilangkan Noda Membandel pada Permadani Wol
Jika Anda menemukan noda pada permadani yang sudah kering dan menempel, menggunakan soda kue saja mungkin tidak cukup kuat untuk membersihkan noda.

Untuk noda membandel, coba gunakan larutan pembersih dari cuka putih dan sabun cuci piring. Cuka juga merupakan cairan yang berguna untuk membunuh jamur dan jamur.

Campurkan cuka putih, air, dan sabun pencuci piring dalam ember atau mangkuk, lalu aduk. Celupkan spons ke dalam campuran dan ujilah di area karpet yang tidak mencolok untuk memeriksa reaksi yang merugikan.

Gunakan spons untuk membersihkan noda dengan mengeringkan dan menggosok ke dalam. Jangan menggosok dengan gerakan keluar untuk mencegah penyebaran noda. Jika karpet Anda menumpuk, pastikan untuk menggosoknya dengan lembut untuk menjaga penampilannya.

Bilas spons dengan air dingin dan tepuk-tepuk area tersebut sekali lagi untuk menghilangkan sisa larutan pembersih. Gunakan handuk kering untuk menghilangkan kelembapan yang berlebih dan menggantung atau menopang permadani hingga kering.

Menghilangkan Noda Hewan Peliharaan dari Karpet Wol
Hewan peliharaan adalah anggota keluarga yang menyenangkan, bahkan saat mereka mengalami kecelakaan. Menemukan bahwa Anda memiliki noda hewan peliharaan di karpet Anda membingungkan tetapi bukan akhir dunia.

Cobalah membuat pembersih karpet noda hewan peliharaan buatan sendiri untuk permadani wol Anda tanpa menggunakan pemutih atau pembersih yang keras.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *