Ragam Makanan-Makanan Khas India "Jodohnya" Para Vegetarian

Berita Terbaru Vegetarian Negara India dikenal dengan berbagai masakan dengan kuah karinya yang kental. Kombinasi berbagai daging dan kari yang beraroma kuat membuat banyak orang menyukai berbagai masakan India tersebut. Namun, India ternyata juga memiliki banyak hidangan yang terbuat dari sayur-sayuran loh!

Selain lezat dan beraroma rempah yang kuat, berbagai hidangan tersebut juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Berikut ini beberapa di antaranya :

 

Ragam Makanan-Makanan Khas India "Jodohnya" Para Vegetarian

 

 

1. Dal
Tak hanya di India, hidangan yang penuh gizi dan beraroma lezat ini juga banyak ditemui di berbagai negara lain seperti Nepal, Pakistan, Sri Lanka, dan Bangladesh. Dal adalah sajian rebus yang terbuat dari berbagai kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis, atau kacang hijau. Setelah dibersihkan, kacang tersebut direbus dengan berbagai rempah seperti jintan, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, dan jahe. Setelah matang, kacang tersebut dihaluskan kembali hingga bertekstur seperti bubur.

2. Palak paneer
Palak paneer adalah hidangan sayur khas India yang terbuat dari bahan utama keju paneer. Keju tersebut kemudian dicampur dengan saus kental yang terbuat dari campuran bayam, tomat, garam masala, bawang putih, dan berbagai bumbu lain. Bahan-bahan utama yang digunakan pun sudah terlihat dari nama hidangan ini, yaitu palak yang berarti bayam dan paneer yang merupakan salah satu jenis keju.

Sajian ini begitu kaya akan kandungan nutrisi dan dapat disantap baik saat sarapan, makan siang, atau makan malam bersama dengan nasi atau roti.

3. Chana masala
Menjadi hidangan khas di India Utara, chana masala adalah kari yang terbuat dari kacang buncis dan biasanya disantap baik sebagai camilan, hidangan utama, ataupun sarapan. Buncis tersebut direbus dengan berbagai rempah-rempah dan kemudian disajikan dengan nasi atau roti dengan tambahan yogurt atau krim asam sebagai garnish

Selain lezat, chana masala juga dianggap sebagai hidangan vegetarian paling populer di India dan dapat ditemukan di berbagai tempat seperti stasiun kereta, kantin kantor dan sekolah, atau di berbagai upacara dan perayaan di India.

4. Dal makhani
Meskipun berasal dari Punjab, dal makhani yang terbuat dari kacang-kacangan ini juga begitu populer di berbagai daerah lain di India. Kacang yang biasa digunakan untuk membuatnya adalah kacang merah dan kacang hitam yang juga disebut sebagai urad. Dal makhani dibuat dengan memanaskan campuran kacang, mentega, jahe, bawang putih, cabai, dan berbagai bumbu lain dengan saus tomat. Hidangan ini biasanya juga ditambah dengan topping berupa krim atau yogurt dan disantap bersama dengan nasi atau roti.

5. Sabzi
Sabzi atau sabji adalah sebutan untuk hidangan yang terbuat dari campuran berbagai sayuran di India. Terdapat dua cara untuk menyajikannya, yaitu kering dan basah. Sabzi kering disajikan dengan tambahan sedikit air sedangkan sabzi versi basah disajikan dengan tomat dan menyerupai kari yang kental. Sayuran yang biasa digunakan antara lain kentang, wortel, kacang polong, kacang hijau, bunga kol, dan labu. Sabzi biasanya disantap bersama dengan roti, nasi, atau daging.

Demikianlah beberapa hidangan sayuran khas India yang bisa kamu coba. Selain lezat, berbagai sayuran di dalamnya membuat hidangan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan tentunya menyehatkan!

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *