Khasiat Mengkonsumsi Kulit Mangga Yang Jarang Diketahui

Berita Terbaru Vegetarian Mangga merupakan buah yang populer di seluruh dunia, khususnya di Asia Tenggara. Misalnya di Thailand, mereka menjadikan mangga sebagai utama dalam kuliner legendarisnya, mango sticky rice. Di Filipina, buah ini merupakan simbol nasional. Mangga juga terdapat dalam kitab suci Weda agama Hindu, sebagai “hidangan para dewa.” Berbagai jenis mangga tersebar hampir ke seluruh pelosok dunia.

Begitu juga di Indonesia, terdapat beberapa jenis mangga populer. Terlebih di bulan September seperti ini beberapa jenisnya sedang sangat musim sehingga jumlahnya bisa melimpah. Sehingga masyarakat kerap mengkreasikannya menjadi berbagai hidangan; seperti rujak atau sambal mangga.

Namun, selama ini, masyarakat hanya terbiasa mengonsumsi daging buahnya saja. Padahal dilansir Healthline,dalam penelitian yang diterbitkan jurnal National Center for Biotechnology Information (NCBI) menemukan beberapa manfaat kulit mangga ketika dikonsumsi. Apa saja manfaat kesehatan dari mengonsumsi kulit mangga?

 

Khasiat Mengkonsumsi Kulit Mangga Yang Jarang Diketahui

 

 

1. Kulit buah yang kaya vitamin
Dalam penelitian yang diterbitkan jurnal Food Chemistry tahun 2015, menemukan kulit buah berdaging kuning ini mengandung banyak nutrisi sebagai sumber serat, vitamin A,B6, C, dan E yang baik untuk tubuh; ditambah mengandung beberapa mineral seperti kalium dan tembaga. Di samping itu, terdapat juga kandungan berbagai senyawa tumbuhan, termasuk polifenol dan antioksidan karotenoid.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung
Mengonsumsi makanan sehat tentu akan mengurangi berbagai risiko penyakit. Lebih lanjut penelitian sebelumnya juga menyebutkan bahwa kandungan nutrisi yang terkandung dalam kulit mangga tersebut, merupakan senyawa tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan organ vital manusia.
Orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi vitamin C, polifenol, dan karotenoid memiliki risiko lebih rendah terkena serangan penyakit; seperti penyakit jantung, kanker, bahkan penurunan kognitif.

3. Memiliki sifat antikanker
Kebanyakan orang beranggapan bahwa daging mangga memiliki nutrisi dan manfaat yang lebih tinggi. Namun, dalam satu studi tabung reaksi tahun 2010 menemukan bahwa ekstrak kulit mangga menunjukkan sifat antioksidan dan antikanker yang lebih kuat daripada daging buahnya. Kulit mangga juga kaya akan triterpen dan triterpenoid, senyawa yang telah menunjukkan kualitas antikanker dan antidiabetes

4. Kaya akan serat
Seluruh bagian mangga mengandung manfaat. Untuk kulitnya sendiri ternyata kaya akan serat, yang baik untuk kesehatan pencernaan dan mengatur rasa lapar. Faktanya, studi tahun 2007 mengungkapkan kulit mangga terbentuk dari 45 sampai 78 persen serat.

5. Membantu mengurangi berat badan
Kulit mangga yang berserat tinggi membuatnya menjadi pendorong metabolisme, membuatnya sangat efektif dalam menurunkan berat badan berlebihan. Ini juga mempermudah buang air besar sehingga menjaga sistem pencernaan berjalan lancar.

Kulit mangga turut mengandung hampir semua nutrisi yang ditawarkan oleh buah itu sendiri, tetapi tidak mengandung gula dan karbohidrat, serta kalori yang berlebihan. Kandungan seperti triterpen dan triterpenoid, berguna untuk menjaga kadar gula darah. Hal Ini mungkin menjadi pilihan lain untuk orang yang juga sedang menjaga kadar gula darahnya.

Demikianlah beberapa manfaat makan kulit mangga. Sayangnya, bagi sebagian orang yang tak terbiasa mengonsumsi kulit mangga, dapat menyebabkan reaksi alergi. Selain itu, kulit mangga juga mengandung pestisida bila tidak dicuci dengan benar, dan umumnya memiliki tekstur kurang enak saat harus dimakan begitu saja.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *