Segudang Khasiat Daun Sendok

Berita Terbaru Vegetarian Manfaat daun sendok untuk kesehatan memang masih jarang diketahui orang. Namun siapa sangka, beberapa penelitian telah membuktikan kebenaran manfaat daun sendok untuk kesehatan.

Daun sendok memiliki nama latin Plantago major. Di luar negeri, tumbuhan ini dikenal dengan julukan broadleaf plantain. Daun yang menyerupai sendok makan ini bisa tumbuh di berbagai tempat, mulai dari taman bermain hingga lahan parkir. Itulah sebabnya, daun sendok masih sering dipandang sebelah mata.

Tidak hanya bisa dimakan, ternyata manfaat sendok telah dipercaya selama ratusan tahun dalam dunia medis tradisional.

Faktanya, manfaat daun sendok tak lepas dari komponen antiinflamasinya. Bahkan, manfaat daun sendok juga dipercaya melancarkan sistem pencernaan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Supaya tak terkecoh, kenali dulu penjelasan ilmiah dan berbagai riset mengenai manfaat daun sendok untuk kesehatan antara lain :

 

 

Segudang Khasiat Daun Sendok

 

 

Mengatasi peradangan
Menurut beberapa riset, manfaat daun sendok datang dari kandungan anti-inflamasinya, seperti flavonoid, terpenoid, glikosida, dan tanin.

Sebuah penelitian pada hewan uji membuktikan kalau ekstrak daun sendok dapat mengatasi peradangan akibat kerusakan pada organ hati.

Sebuah penelitian serupa juga menjelaskan bahwa manfaat daun sendok bisa mengatasi peradangan dan mengurangi enzim hati untuk menjaga hati dari kerusakan. Namun riset lebih lanjut pada manusia masih harus dilakukan untuk memperkuat penemuan ini.

Menghambat pertumbuhan sel kanker
Manfaat daun sendok selanjutnya adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah tes tabung, para ahli tidak hanya menemukan kehebatan manfaat daun sendok dalam mengatasi peradangan, tapi juga menghambat sel kanker bertumbuh kembang.Lagi-lagi, penelitian pada manusia masih tetap dibutuhkan untuk membuktikan manfaat daun sendok yang satu ini.

Berpotensi mempercepat proses penyembuhan luka
Beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa daun sendok juga bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka, dengan mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan mikroba, serta meredakan nyeri.

Faktanya, sebuah riset yang melibatkan 40 responden menemukan bahwa gel yang mengandung lidah buaya dan daun sendok bisa memicu perbaikan jaringan tubuh pada penderita ulkus di kaki. Walau demikian, hasil riset ini masih sulit disimpulkan karena menggunakan lidah buaya juga.

Melancarkan sistem pencernaan
Berdasarkan riset, manfaat daun sendok juga dipercaya dapat memperlambat pergerakan saluran pencernaan, sehingga gerakan usus menjadi lebih teratur dan diare dapat diatasi.

Sebuah riset pada tikus juga menemukan, ekstrak daun sendok dapat memicu proses penyembuhan maag.
Ditambah lagi, penelitian pada hewan lainnya juga membuktikan bahwa daun sendok bisa mengatasi penyakit inflammatory bowel disease (IBD) karena mengandung komponen anti-inflamasi.

Perlu ditegaskan, berbagai manfaat daun sendok di atas masih perlu diteliti lebih lanjut. Apalagi, manfaat daun sendok ini hanya didasari oleh penelitian pada hewan uji.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *