Inilah Buah dan Sayuran Yang Berkhasiat Penambah Imun

Berita Terbaru Vegetarian Virus corona bikin banyak orang cemas. Novel coronavirus (2019-nCoV) telah menyebar dengan masif ke berbagai negara. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan meningkatkan sistem imun. Sistem imun adalah sekelompok sel, jaringan, protein, dan organ khusus yang saling bekerja untuk melawan segala sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Sistem imun bisa ditingkatkan dengan pola makan yang lebih sehat. Berikut ini adalah buah-buahan dan sayuran yang bisa meningkatkan sistem imun:

 

Inilah Buah dan Sayuran Yang Berkhasiat Penambah Imun

 

 

1. Stroberi
Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, stroberi dapat membantu mengobati peradangan yang disebabkan oleh virus dan bakteri tertentu. Stroberi juga dikemas dengan sejumlah antioksidan yang efektif untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Senyawa alami tersebut akan mendorong produktivitas sistem imun, dan bertindak sebagai benteng pelindung dari efek buruk radikal bebas dan virus pemicu penyakit.

2. Belimbing
Satu buah belimbing utuh dapat memenuhi 50 persen vitamin C harian. Vitamin tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan, sehingga dapat mencegah risiko penyakit akibat virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit.

3. Kacang panjang
Kacang panjang juga kaya antioksidan; seperti beta-karoten, vitamin C, dan riboflavin. Ketiga kandungan tersebut bermanfaat dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena mampu menangkal serangan radikal bebas di udara.
Sedangkan tiaminnya, juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan yang juga membantu penyerapan nutrisi agar lebih baik.

4. Pomelo
Setiap buah pomelo mengandung sekitar 600 persen dari kebutuhan vitamin C harian kita. Menurut United States Department of Agriculture, sumber vitamin C yang ada di dalam pomelo sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat di Asia Tenggara sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang menjadi pelindung tubuh dari virus, penyakit, maupun radikal bebas. Nah, tak ada salahnya menikmati sebuah pomelo setiap hari guna menjaga tubuh dari flu, batuk, demam, maupun gejala penyakit lainnya.

5. Paprika
Dengan dosis mencapai 80 mg dalam setiap 100 gram paprika, konsumsi paprika secara rutin dapat membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit. Tak hanya itu, antioksidan pada paprika juga berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penuaan dini, gangguan jantung, dan kanker.

6. Bayam
Bayam telah dikenal lama sebagai sayuran yang baik bagi kesehatan. Dalam satu ikat bayam terkandung vitamin C, A, K, zat besi, asam folat, dan serat dalam dosis cukup besar. Tak hanya itu, bayam juga mengandung flavonoid yang bersifat sebagai anti-kanker. Konsumsi bayam secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menyingkirkan sel-sel jahat, serta mencerdaskan otak.

7. Pare
Seperti yang telah dijelaskan di atas, pare mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan racun di dalam tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Pharmaceutical Research Journal pada 2010 lalu, jus pare segar dapat digunakan sebagai obat anti-karsinogen penyebab kanker serta anti-tumor yang ampuh.
Jadi, ada baiknya kamu senantiasa menjaga kesehatan dan sistem imun kamu dengan makanan di atas. Setidaknya ini adalah satu dari sebagian cara lain untuk menghindarkan diri dari virus corona.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *