Jajanan-Jajanan Vegetarian Yang Nikmat Dan Murah

Berita Terbaru Vegetarian Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan selama diam di rumah. Salah satunya adalah membuat jajanan untuk teman bersantai bersama keluarga. Namun kendala yang sering kita hadapi adalah proses pembuatan jajanan yang rumit, kita tidak ahli membuatnya.Tetapi tenang, guys. Berikut beberapa jajanan vegetarian yang nikmat dibuat dengan bahan yang simple dan biayanya terjangkau :

 

Jajanan-Jajanan Vegetarian Yang Nikmat Dan Murah

 

1. Ote-ote
Jajanan ini memang sangat familiar di tengah masyarakat. Banyak masyarakat menyebutnya sebagau bakwan sayur. Jajanan ini sangat mudah jika kita buat di rumah. Jadi, tidak perlu pusing-pusing ke warung atau kedai gorengan untuk mencari ote-ote. Bahannya juga sangat simpel.

Cukup dengan tepung terigu sekitar 300 gram, tepung beras 200 gram, sayuran seperti sawi putih, wortel, selada, daun bawang, dan lainnya dengan takaran sesuai selera. Kemudian dipotong kecil-kecil, dan tambahkan satu sachet penyedap rasa. Bisa juga tidak diberi penyedap rasa. Cukup garam saja.

Cara membuatnya pun hanya dengan mencampurkan semua bahan, lalu diaduk hingga tercampur. Goreng dalam minyak panas. Sangat simple dan tidak perlu biaya lebih. Bahkan bisa dikreasikan dengan menambah daging atau cabai.

2. Kentang goreng
Pada saat pandemik seperti sekarang, kentang goreng yang biasa dijual di toko makanan cepat saji dan kafe terasa begitu mahal. Namun kita bisa membuat kentang goreng sendiri di rumah. Memang kentang buatan rumah penampakannya tidak sebagus di toko makanan cepat saji maupun di kafe.

Tetapi percayalah, tidak ada yang seenak kentang goreng buatan sendiri. Bahannya juga sangat sederhana. Hanya kentang sekitar 12 buah, tepung terigu 200 gram atau penyedap sesuai selera.

Cara membuatnya, potong-potong kentang dengan ukuran sesuai selera, lalu baluri dengan tepung dan penyedap rasa.

Bisa dibekukan dahulu atau langsung digoreng. Tidak perlu waktu lama untuk menggorengnya. Kentang goreng siap disantap ditemani saus tomat atau cabai.

3. Bubur kacang hijau
Makanan yang sangat populer seperti bubur kacang hijau tentu saja sangat mudah membuatnya. Bahan-bahannya sangat mudah didapat.

Hanya kacang hijau sekitar 300 gram, gula merah atau pasir 60 gram atau sesuai selera, santan 1-2 liter atau sesuai selera, daun pandan satu lembar, jahe 2 gram, dan susu kental manis 2-3 sachet, dan air sekitar 2 liter atau sesuai selera.

Cara membuatnya, rendam kacang hijau selama sehari, kemudian rebus dalam air hingga mendidih. Tambahkan gula pasir atau gula merah, jahe, santan, daun pandan, dan susu kental manis.

Kacang hijau siap tanpa harus membelinya. Pastinya enak dan lebih mantap jika ditambah roti tawar yang dipotong-potong.

4. Es cincau hijau atau daluman
Es cincau hijau atau di Bali dikenal dengan istilah daluman, memang sangat terkenal dan familiar di Bali. Masyarakat Bali banyak sekali yang menjual minuman ini. Karena selain sehat dan menyegarkan, juga cara membuatnya super duper mudah dengan biaya yang sangat murah.

Kita perlu mencari daun cincau hijau sebanyak 500 gram atau sesuai selera, santan 3 liter atau sesuai selera, gula merah cair 1-2 liter atau sesuai selera, dan es batu secukupnya.

Caranya pun sangat mudah. Daun cincau hijau dicuci. Setelah itu dimasukkan ke dalam blender dan tambahkan air. Setelah itu diblender sampai halus, lalu disaring dan didiamkan setengah hari atau disimpan di lemari es. Daluman siap untuk disajikan bersama santan, gula merah cair, dan es batu.

Khasiat daluman pun beragam. Mulai dari melancarkan pencernaan sampai menyegarkan badan.

5. Timus Bali
Timus Bali merupakan jajanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Bali, khususnya. Orang-orang pedesaan banyak yang membuat jajanan ini sebagai kudapan. Rasa empuk dan manisnya membuat kamu pasti ketagihan jika pertama kali mencobam

Bahan-bahannya ternyata sangat simple. Hanya singkong sekitar 12-20 buah atau sesuai selera, gula merah 50-100 gram atau sesuai selera, dan sedikit garam. Singkong yang sudah dikupas diparut kemudian dicampur bersama gula merah atau pasir dan sedikit garam.

Bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk memanjang. Setelah itu dikukus selama 20-30 menit dan timus Bali siap menjadi teman ngopimu. Timus Bali sering disajikan dalam acara-acara penting sebagai makanan tradisional.

Mana yang membuatmu selera ?

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *